Otomasi Mesin Industri

Otomasi adalah suatu proses di mana membuat suatu pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien dengan bantuan mesin, bisa jadi menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin atau membuat suatu proses yang sebelumnya masih dilakukan dengan mesin sederhana menjadi lebih canggih dan lebih cepat dengan menggunakan mesin.

Jasa otomasi industri bisa dilakukan menjadi 2 hal yaitu Memodifikasi mesin lama atau membuat mesin baru yang memiliki fungsi lebih kompleks dari mesin sebelumnya. Untuk melakukan jasa otomasi mesin industri dengan cara modifikasi, diperlukan studi kelayakan mesin dan permintaan konsumen sehingga dapat dibuat desain yang tepat agar memenuhi ekspektasi konsumen.

Contoh aplikasi penerapan jasa otomasi mesin industri adalah sortir barang reject pada pengemasan produk. Dengan menggunakan sensor berat sebagai salah satu pendeteksi produk reject, maka suatu produk bisa disetting untuk sortir secara otomatis jika berat benda yang melalui sensor kurang dari angka yang ditentukan, sehingga dapat dipastikan memiliki jumlah yang kurang. Dengan adanya otomasi maka sortir dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Aplikasi lain dalam jasa otomasi mesin industri untuk pembuatan mesin baru adalah membuat rancangan sistem pengisian botol air kemasan secara otomatis. Proses pengisian cairan pada botol dapat disetting secara otomatis agar mengisi dalam jumlah kapasitas tertentu dan setelah pengisian akan dilakukan pengecekan tinggi cairan secara otomatis oleh sensor. Jika tinggi cairan tidak mencapa standar maka mesin dapat dirancang untuk bisa sortir secara otomatis.

Kami melayani berbagai jasa otomasi mesin industri / Automation untuk berbagai kebutuhan industri. Apapun keperluan industri anda, kami akan berusaha memberikan desain dan pembuatan yang terbaik untuk anda agar diperoleh efisiensi dalam proses produksi di perusahaan Anda.

Jasa automasi jasa automation kelistrikan di buat menjadi sistem kelistrikan yang canggih dengan penggantian component listrik yang dirubah dalam sistem PLC atau komputerisasi, jadi cara operasional mesin industri lebih gampang dari segi operator mesin dan cara setting nya lebih mudah dan bisa di simpan pada memori PLC nya.

Automation conveyor sangatlah penting untuk industri makanan minuman maupun farmasi. Perusahaan-perusahaan besar banyak yang beralih pada automation system conveyor untuk mengatasi masalah produksi yang tidak sesuai target dalam produksi.

Banyak karyawan ditambahkan atau direkrut pada perusahaan tetapi hasil produksi tetap tidak bisa sesuai target yang diinginkan, banyak perusahaan beralih pada teknologi yang lebih maju untuk mengatasi kendala produksi pada kinerja kinerja suatu sistem perusahaan.

Zaman sudah globalisasi sehingga kita tidak hanya tergantung pada karyawan kita tidak akan mencapai hasil yang maksimal pada suatu produksi tanpa adanya alat produksi yang mendukungnya. Contoh Kita harus melakukan perubahan yang lebih modern pada alat atau mesin produksi kita dengan adanya yang disebut sistem confirmation yang dominan pada conveyor yang dilengkapi sistem yang canggih yang terdapat pada conveyor tersebut. Contohnya penambahan sensor pneumatik motor servo dan kemungkinan perubahan pada diagram listrik pada suatu sistem elektrikal nya. Bisa penambahan pada panel kontrol suatu mesin produksi, pemasangan PLC ataupun HMI touchscreen supaya mempermudah pelacakan trouble shooting pada kelistrikannya.

Macam-macam automation:

1. Automation kelistrikan

2. Automation mekanik

3. Automation conveying

4. Autoamtion packaging

Semua itu tergantung kebutuhan pada sistem produksi apa yang cocok untuk penambahan automation. menyederhanakan suatu sistem yang sudah ada tanpa menambah karyawan untuk menghasilkan suatu produksi yang sesuai target dan efisiensi waktu dan personal.